Pekan ini, alhamdulillah, kami di Bank Syariah Indonesia (BSI) sedang dalam suasana hati yang sangat baik dan bahagia karena predikat The World’s Best Bank 2021 dari majalah internasional kenamaan, Forbes.

BSI unggul berdasarkan penilaian dari lima kriteria, yakni kepercayaan, terms and conditions, pelayanan pelanggan, layanan digital, dan advis finansial. BSI menjadi salah satu dari 20 bank kenamaan dunia yang masuk list The World’s Best Bank 2021 tersebut.

Dari mana predikat ini kami dapat? Sebelum memberi predikat, Forbes berkolaborasi dengan lembaga riset Statista menyelenggarakan survei terhadap 43 ribu konsumen di 28 negara. Boleh dibilang, predikat ini adalah suara para pengguna jasa perbankan.

Tentu, kami merasa bersyukur, karena BSI, sebuah brand baru, mampu menyentuh relung hati para pelanggan dan memiliki reputasi yang sangat baik. Hal ini juga di tengah proses transisi, karena BSI merupakan entitas gabungan dari beberapa bank syariah, yakni BNI Syariah, Mandiri Syariah, dan BRI Syariah. 

Penobatan dari Forbes ini semakin menambah kepercayaan diri kami untuk menggerakkan perekonomian syariah dari sisi perbankan. 

Belum lagi, pada tahun 2020 silam, perkembangan ekonomi dan keuangan syariah sudah cukup baik. Mengutip dari kontan.co.id, sepanjang tahun 2020, Indonesia telah diakui sebagai salah satu negara dengan progres terbaik dalam hal ekonomi dan keuangan Syariah, yaitu Refinitiv Islamic Finance Development Report 2020 menempatkan Indonesia pada ranking ke-2 secara global sebagai “The Most developed countries in Islamic Finance” dan Global Islamic Economy Indicator 2020/2021 mencatat Indonesia sebagai ranking ke-4 global untuk sektor ekonomi Syariah, serta peringkat ke-6 untuk keuangan Syariah.

Predikat dan performa ini dapat diartikan oleh masyarakat luas, bahwa bergabung ke ekosistem keuangan syariah adalah hal yang menjanjikan. Masyarakat juga akan mendapat manfaat lahir batin dengan skema ekonomi syariah.

Sebagai ilustrasi, di kota – kota besar yang bank syariah-nya sudah beroperasi dengan baik, seperti di Kuala Lumpur dan London, para nasabah bukan hanya dari kalangan Muslim, tetapi siapa saja, dari golongan agama maupun kewarganegaraan beragam – yang sudah menganggap bahwa perbankan syariah adalah institusi ekonomi yang kredibel, transparan, dan pro terhadap pembangunan sosial untuk seluruh lapisan masyarakat.

Yang belum, yuk, menabung di bank syariah. Yuk, beli produk syariah. Yuk, turut serta menjalankan berbagai kegiatan ekonomi syariah.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment