Pak Jusuf Kalla adalah tokoh yang tidak bisa dilepaskan dari banyak inisiatif sosial yang skalanya merangkul jutaan orang. Dua diantaranya adalah di Palang Merah Indonesia, dan satu lagi di  Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Salah satu kontribusi sosial Pak JK yang membuat satu orbit adalah di DMI. Di organisasi ini, saya mengemban amanah sebagai ketua Pengurus Pusat (PP) Departemen Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid. Dengan pengalaman beliau yang mengorkestrasi urusan negara, Pak JK memberikan banyak legacy di organisasi ini.

Pekan lalu, kami bertandang ke kediaman beliau untuk menyerahkan laporan pertanggung jawaban tahunan. Sembari menyusun laporan, saya merefleksikan lagi peran saya di DMI dengan tanggung jawab saya di BSI. Pada 7 Magnificent BSI, salah satu fokusnya adalah mengakselerasi Islamic Ecosystem. Pilarnya adalah dari masjid. 

Alhamdulillah, banyak kerja – kerja yang saling bertautan dan semakin memberi perspektif dan wawasan baru bagi saya.

Yang pasti, visi EMAS (Ekonomi Masjid) di DMI maupun BSI akan tetap saya lanjutkan. Dengan izin-Nya dan dukungan teman-teman dan senior sekalian!

‘Main Bareng’ Syakir Daulay 

Berawal dari sebuah acara BSI, saya saling sapa dengan pemain film muda Syakir Daulay. Syakir adalah pemuda asli Aceh. Saya merasa cukup terpaut dengannya, karena istri juga dari Serambi Mekkah, dan saya belakangan ini sering mondar – mandir ke Aceh. 

Kami lanjut dengan makan Padang bareng, main golf bareng. Tidak sampai di situ, Syakir mengajak saya ke Majelis Taklim, salah satu yang terbesar di Jabodetabek. Syakir adalah sosok unik, karena film yang dia bintangi banyak yang bertema religi. Tak heran, karena Syakir juga seorang hafiz, juga penyanyi lagu – lagu religi. 

Baru – baru ini, saya dan Syakir berkunjung ke tempat H. Deddy Mizwar, tepatnya di Demiz Academy. Saya mendapat khazanah baru tentang dunia industri kreatif. Demiz Academy ini jadi salah satu fasilitas untuk menempa aktor/aktris Tanah Air. Namun, setelah mengobrol dengan Haji Deddy, saya menangkap visi beliau yang lebih dari sekadar film. 

Insya Allah akan ada kolaborasi baru dengan beliau – beliau ini. Nantikan ya! 

0 CommentsClose Comments

Leave a comment