Senin, 17 Juli 2023 lalu menjadi momen mendebarkan pada pagi hari, dan momen haru serta bahagia pada sore harinya. Alhamdulillah, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI melalui para penguji sidang promosi doktor memberikan titel Doktor kepada saya, dengan predikat kelulusan cum laude

Tak kalah menggembirakan, momen selama ujian promosi juga dihadiri oleh para pengambil kebijakan di negeri ini khususnya di bidang kesehatan, para guru-guru besar, para mantan menteri, rekan-rekan sejawat, rekan-rekan aktivis, media, dan tentu saja keluarga tercinta. 

Disertasi saya memang menyangkut hajat hidup orang banyak, yakni Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Awam biasa mengasosiasikannya dengan BPJS Kesehatan. Disertasi saya ini mengusulkan formulasi kebijakan asuransi kesehatan tambahan untuk melengkapi BPJS Kesehatan tersebut.

Selain berbangga karena para guru besar termasuk mantan Direktur BPJS Kesehatan Prof. Fahmi Idris, serta Direktur BPJS Kesehatan saat ini, Prof. Ali Ghufron Mukti, ikut mendukung topik yang saya ajukan ini. Bahkan, Prof. Fahmi juga bertindak sebagai kopromotor saya, sedangkan Prof. Ali Ghufron bertindak sebagai penguji disertasi.

Saya juga sangat bersyukur, karena promotor saya, dr. Adang Bachtiar, MPH, D.Sc, memberikan kesempatan untuk pembacaan pidato Menko PMK Prof. Muhadjir Effendi pada akhir sidang promosi saya. 

Usai promosi, saya juga tak henti menerima ucapan selamat dan link berita dari media-media massa di tanah air yang menyoroti disertasi saya.

Akhirnya, terima kasih tak terhingga kepada seluruh pihak yang membantu saya selama lebih dari tiga tahun terakhir. Kepada senior-senior yang menjadi inspirasi dan ikut membantu menjadi narasumber penelitian saya. Terima kasih kepada civitas akademika di FKM UI, kepada teman-teman dan teristimewa untuk support system saya di rumah.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment