Di saat saya menulis ini, saya sudah memasuki hari ke-11 setelah dinyatakan positif Covid-19. Sesuai anjuran terbaru, di hari ke-10, jika tanpa gejala, individu yang terkena Covid sudah bisa lepas dari isolasi mandiri (isoman). 

Alhamdulillah, sebuah pengalaman yang membuat saya bersyukur akan nikmat sakit maupun sehat. 

Saya jadi memahami betul bahwa tiap warga Indonesia punya andil masing – masing untuk mengakhiri pandemi ini. Ada yang di garda depan seperti tenaga kesehatan dan para relawan, ada pula yang di garda belakang untuk memikirkan solusi ekonomi, manajemen pemerintahan, dan seterusnya.

Bagaimana dengan mereka yang terkena Covid? Ya, mereka juga sangat berperan, yakni dengan menaati kewajiban untuk mengisolasi diri hingga benar – benar sembuh. 

Saya termasuk beruntung, karena hanya mengalami gejala ringan. Juga, karena pihak – pihak yang berinteraksi dengan saya, masih dilindungi dari virus ini. Oleh karenanya, saya menggunakan pula masa – masa isoman untuk tetap membaca, berdiskusi, dan aktivitas lain secara virtual. 

Bicara soal peranan, bagi siapapun kita, kita perlu bergotong royong untuk mendukung mereka yang sedang berjuang untuk sembuh, dan siapapun di garda terdepan untuk menangani pandemi ini. 

Semoga kita semua tetap kompak, dan diberikan nikmat sehat untuk meneruskan perjuangan dan rencana – rencana baik yang telah kita susun. Amin.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment