Belum lama menginjakkan kaki di tanah air sepulang ibadah umroh, saya bertolak ke Bumi Khatulistiwa, sebutan untuk Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Di sana, saya ikut mengawal Menteri BUMN Erick Thohir, yang larut bersama masyarakat yang tumpah ruah dalam perayaan Cap Go Meh nasional. 

Kesempatan ini saya manfaatkan pula untuk silaturahim dengan dengan beberapa pihak. Sebelum serangkaia pertemuan, saya menyempatkan ziarah ke makam Almarhum Kanda Viryan Aziz, Komisioner KPU Periode 2017-2022. 

Kemudian, saya mengunjungi Sekretariat HMI Cabang Pontianak. Sekretariat ini cukup meninggalkan memori bagi saya. Saat saya menjadi Ketum PB HMI, saya ke tempat ini untuk melantik teman-teman pengurus di Pontianak. Saat itu, ketum cabang berharap sekretariat lekas diperbaiki. 

Maju ke beberapa tahun, telah berdiri sekretariat yang megah dan menjadi sentra diskusi dan tempat terlaksananya ide-ide pembangunan pemuda dan umat. 

Saya juga sempat bertemu senior-senior KAHMI Kalbar, pengurus HMI, PMKRI, dan Saudari ex-Ketum PMKRI Lidya Natalia Sartono, yang baru beberapa hari lalu dilantik sebagai Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat.

Pulang Umroh, Lanjut Bertolak ke Pontianak

Menutup agenda di Pontianak, saya bersilaturrahim ke Masjid Kapal Munzalan, dan menjumpai Kiai Luqmanul Hakim dan kawan-kawan seperjuangan. 

Sejak lama saya kagum apa yang dirintis teman-teman muda ini, yang belasan tahun telah bekerja membantu umat secara langsung dengan program Masjid Makan-Makan, Gerakan Infaq Beras, dn lain-lain.

Kini Kiai Luqman dan kawan-kawan telah memiliki jaringan ke ribuan pondok pesantren dan Masjid yang secara rutin dibantu. Tak kurang ribuan ton beras dibagikan setiap bulannya.

Di akhir perjumpaan, beliau menitipkan tiga pesan, yakni Syiar, Silaturrahim, dan Kolaborasi. Ketiga hal ini menjadi kunci untuk tak larut dalam polarisasi yang marak kita temui jelang musim politik.

Terima kasih atas kebaikan Kiai yang mengantar bahkan mengemudikan mobil yang kami tumpangi, sehingga bisa tepat waktu tiba di Bandara. InshaAllah berbagai komitmen mendorong kemajuan umat bisa terwujud. Bismillah.

0 CommentsClose Comments

Leave a comment