Inspiring Monday

Dapatkan informasi terbaru Inspiring Monday melalui email dengan melakukan Subscribe
ariefrosyid.id_raffi ahmad

Raffi Ahmad, Simbol Agility Orang Muda

Siapa sih yang tak kenal Raffi Ahmad. Rasa-rasanya lintas empat hingga lima generasi tahu Raffi Ahmad. Mulai karir dari wara-wiri sebagai presenter di televisi, kemudian sempat jadi penyanyi, dan kini buka usaha di sana-sini. Raffi Ahmad adalah simbol fleksibilitas dan agility orang muda.

Jika dinosaurus punah karena kalah tarung dalam evolusi, maka Raffi adalah antitesanya. Mungkin sebagian bisa melihatnya sebagai ‘garis tangan’. Namun, bagi saya, dan orang-orang yang ber-testimoni tentang Raffi, pasti memiliki satu benang merah: “orangnya baik dan pantang menyerah”.

Kamis, 28 Maret 2024, Raffi mengundang saya ke kediaman beliau di Andara. Menembus macet Jakarta karena musim bukber lagi seru-serunya, selain silaturahmi, sekalian lah digarap juga wawancara podcast. Raffi langsung yang jadi pewawancara.

Selesai podcast, kami masih bercengkerama. Sempat ikut sebentar istri beliau, yang juga sudah tidak asing lagi di mata masyarakat kita, Mbak Nagita Slavina, dan putra beliau, Rafathar. Saat sudah terlarut dalam perbincangan, saya memutuskan akan pamit, karena kebetulan kedua putra saya yang menyusul ke Andara juga sudah terlihat kelelahan.

Ternyata jarum jam sudah menunjukkan jelang jam 23.00 WIB. Usai foto bersama sejenak, kamipun pamit. Di perjalanan pulang, saya lihat hasil foto bareng tadi. Saya dan dua putra sudah lusuh, Raffi, Rafathar, dan Nagita masih segar dan cerah. Memang jam terbang tidak bisa bohong he he. Dan kita tahu bersama, Raffi dkk masih aktif malang-melintang mengisi acara sahur setiap Ramadannya. 
Banyak inspirasi yang bisa saya petik dengan kesempatan bertemu dan berinteraksi dengan sosok muda seperti Raffi. Insya Allah, Allah beri kemudahan selalu untuk menjahit silaturahmi dan kolaborasi dengan pemuda-pemuda progresif dan agile lainnya. Bismillah!

ariefrosyid.id_tasyakuran

Tahun 2024, Menyambut Putra ke-4

Muhammad Ghaffar Marzi Zharif, perkenalkan, putra keempat kami, lahir pada 9 Maret 2024 silam. Ghaffar, nama panggilannya, adalah satu dari 99 nama baik yang juga cerminan sifat Allah SWT. 

Ghaffar berarti Maha Pengampun, buat kami relevan dalam dinamika kehidupan hari-hari ini. Bahwa setelah kita berupaya semaksimal mungkin, berikhtiar, maka untuk meraih puncak keikhlasan tiada lain harus ada unsur pemaaf dari diri kita. 

Alhamdulillah beberapa hari setelah kelahiran Ghaffar, kami mengadakan tasyakuran sekaligus akikah dan buka puasa bersama. Keluarga dan sahabat-sahabat turut hadir ke tempat kami, turut memberi doa dan ucapan selamat bagi kami. Beberapa senior dan kawan seperjuangan juga hadir. 

Sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui. Telah kami akikahkan anak kami sesuai sunnah Rasulullah, sekaligus kami melaksanakan perintah Allah untuk terus merajut silaturahim. Terima kasih untuk doa dan perhatian saudara-saudariku semua, doa-doa baik juga semoga terus tercurah untuk kita semua.

ariefrosyid.id_pemuda

Pemenang Pemilu Ditetapkan, Makin Kuat Persatuan

Halo rekan-rekan, lama tak bersua. Terakhir saya update newsletter mingguan pada 18 Desember lalu. Saat itu, lagi getol-getolnya sata bersama TKN Fanta menyiapkan strategi pemenangan untuk pemilih muda, sembari ke sana dan ke mari memantau aktivasi rekan-rekan Pemilihmuda.id di berbagai titik di Nusantara.

Alhamdulillah, 20 Maret 2024 lalu sama-sama kita telah menyimak hasil resmi real count KPU yang menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang pemilu. Prabowo-Gibran, pasangan yang kami dukung, meraih kemenangan di 36 provinsi dengan total suara 96,3 juta.

Berbagai lembaga survei juga sebelumnya telah memprediksi kemenangan ini, dengan sumbangsih pemilih kalangan usia muda yang signifikan, sesuai dengan ikhtiar kita bersama di TKN Fanta dan Pemilihmuda.id.

Penetapan KPU juga bersamaan dengan bulan Ramadan, dengan berbagai forum silaturahmi dan buka puasa bersama. 

Pada momen buka puasa bersama Menpora Dito Ariotedjo, Alhamdulillah, saya bertemu juga dengan Direktur Timnas AMIN untuk Pemilih Muda, Mas Iman Syafei. Kami sepakat, pemenang sudah ditetapkan, persatuan harus kita kuatkan.

Sedikit flashback pada 21 Februari lalu, hanya beberapa hari usai pemungutan suara, TKN Fanta telah menginisiasi Syukuran Kemenangan Orang Muda. Sejak saat itu, di publik maupun di komunitas tempat kami berjejaring, semangat persatuan telah kami kumandangkan.

Sesuai juga dengan amanat Pak Prabowo yang diambil dari istilah Jawa, “Menang Tanpa Ngasorake”. Pemenang harus merangkul, meng-empower, dan merajut kembali persatuan. Karena Pilpres hanya sementara, pembangunan Indonesia menunggu untuk dilanjutkan. 

Pada artikel pertama pascavakum ini pula, saya ingin menyampaikan apresiasi saya kepada seluruh orang muda terlepas dari dukung siapa saat Pilpres lalu. Kalian keren, kita keren. Buat persatuan Indonesia, yuk kita gandengan tangan lagi. Oke Gas!

Masjid Al Hilal atau Masjid Tua Katangka adalah saksi bagaimana penyebaran agama Islam dilawali oleh para ulama lewat pemuda, yaitu Sultan Alauddin, raja Gowa yang saat itu berusia sekitar 17 tahun. Sultan ini juga yang kemudian mendukung penyebaran dakwah Islam ke seluruh Sulawesi Selatan.

Empat abad berlalu, DMI dan Irmahi Katangka, menyadari visi ulama masa lampau, bahwa dakwah Islam harus mengarusutamakan para pemuda.

Lewat kegiatan Tablig Akbar dan Halalbihalal, bertajuk ‘Kebangkitan Kaum Muda Milenial Literat dan Enterpreneurship dari Masjid’, kami membawa misi dakwah Islam kepada para milenial dan Generasi Z. Islam yang toleran dan damai lewat kesadaran literasi dan pemberdayaan ekonomi.

Dan saya bangga dipercayakan untuk berbagi di acara ini. Di hadapan para generasi muda calon pelanjut estafet negara, bangsa, dan Islam ini.

drg. M. Arief Rosyid
Anggota Pokja Pelayanan Kepemudaan