JSC Hive, 18 Oktober 2019

Panel talkshow dengan tema: “The Future of Work in Indonesia”

Menuju gelaran MilenialFest 2019 yang akan digelar di akhir tahun ini, digelar rangkaian event Road to MilenialFest. Event pertama berupa talkshow panel dengan tema “The Future of Work in Indonesia.” Acara digelar pada Jumat 19 Oktober 2019 di JSC-Hive, sebuah co-working space di kawasan Satrio, Jakarta.

Acara menghadirkan pembicara dari organisasi sosial dan bisnis. Di antaranya Fadlan Muzakki, Koordinator PPI Dunia. Aghnia Banat, Managing Director SIAP Accelerator. Falma Kemalasari, Ketua MataGaruda wadah alumni LPDP. Kadhana K. dari GK Plug and Play Indonesia. Keynote speech disampaikan oleh Asrorun Niam Soleh Deputi bidang pengembangan pemuda Kemenpora RI.

Arief Rosyid, chairman MilenialFest mengungkapkan saat ini dunia sedang menghadapi perubahan disruptif. Antar-negara bukan hanya berebut investasi, juga berebut teknologi, berebut pasar, dan berebut orang-orang pintar.

“Akan banyak jenis pekerjaan lama yang hilang. Tetapi juga makin banyak jenis pekerjaan baru yang bermunculan. Ada profesi yang hilang, tetapi juga ada profesi baru yang bermunculan,” ujar Arief.

Arief mengungkapkan, sektor lapangan kerja Indonesia menghadapi dua problem mendasar. Pertama, sekitar 63 persen tenaga kerja di Indonesia merupakan lulusan SMP dan SD. Kondisi menyebabkan produktivitas dan daya saing tenaga kerja kita relatif rendah. Problem kedua, pendidikan dan keterampilan yang dimiliki tenaga kerja tidak sesuai dengan kebutuhan industri. Akibatnya, pekerja kesulitan mendapat pekerjaan, sedangkan industri mengalami kesulitan untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai kebutuhan.

“Kita perlu memperkuat standarisasi dan sertifikasi kompetensi profesi. Selain itu juga memperkuat kolaborasi antara pemerintah dengan dunia industri dalam menyiapkan link-and-match,” lanjut Arief.

Arief melanjutkan, MilenialFest akan selalu menjadi hub, atau tempat berjumpanya milenial dari berbagai latar belakang. Yang berasal dari aktivis pergerakan bisa belajar membangun bisnis dan skill baru. Yang berasal dari dunia profesional bisa memperoleh wawasan sosial dan jejaring yang lebih luas. MilenialFest 2019 akan berisi kolaborasi lintas sektor milenial menyiapkan masa depan.

“Seperti sering disampaikan Presiden Jokowi, Indonesia butuh SDM unggul yang terus belajar bekerja keras dan berdedikasi. yang melakukan inovasi yang disruptif, yaitu membalik ketidakmungkinan menjadi peluang,” pungkas Arief.